Transfusi Darah Adalah


Di dalam kehidupan sehari-hari, manusia sebagai makhsluk sosial membutuhkan manusia lainnya dalam berbagai hal termasuk dalam kepentingan darah untuk kelangsungan hidupnya. Misalnya ketika seseorang mengalami kecelakaan dan mengeluarkan banyak darah sehingga membutuhkan suplai darah k dalam tubuhnya atau karena penyakit tertentu yang membutuhkan tenasfusi darah.

Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan mengenai hal ini. Apabila seorang ingin mendapatkan transfusi darah maka darah yang didonorkan harus cocok dengan penerimanya. Secara teori orang yang dengan memiliki golongan darah Ab dapat menerima darah dari semua jenis golongan darah. Itulah mengapa orang dengan golongan darah AB disebut sebagai resipen atau penerima universal.

Sementara itu orang orang dengan golongan darah O hanya dapat menerimah darah dari orang yang juga memiliki golongan darah O. Akan tetapi, orang dengan golongan darah O dapat mendonorkan darahnya untuk segala jenis golongan darah. Oleh karenanya, orang yang bergolongan darah O disebut dengan donor universal. Orang dengan golongan darah A dapat memberikan darah kepada orang yang bergolongann darah A dan AB, dan dapat menerima darah dari orang yang bergolongan darah A dan O.

Sementara itu orang yang bergolongan darah B dapat memebrikan darah kepada orang yang bergolongan darah B dan Ab dan dapat menerima darah dari orang bergolongan darah B dan O. Pada kenyataannya transfusi darah dilakukan dengan jenis golongan darah yang sama.

Oleh karena itu dalah organisasi palang merah remaja seringkali mengadalan donor darah, ini mengundang seluruh masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Selain untuk beramal orang yang telah mendonorkan darah akan mengalami pergantian sirkulasi darah yang baru sehingga hal ini dapat menyehatlan tubuh.

Namun ada beberapa syarat jika ingin mendonorkan darah yaitu berat badan harus dari empat puluh lima ke atas, harus memiliki darah yang normal jika mmeiliki darah rendah tentu saja tidak bisa mendonorkan darahnya, perempuan yang sedang datang hulan juga tidak bisa melakukan pendonoran darah, hal tersebut mesti dipatuhi demi keselamatan bersama.

0 Response to "Transfusi Darah Adalah"

Posting Komentar