Enzim adalah suatu zat yang dapat memeprcepat reaksi kimia di dalam tubuh, tapi tidak ikut bereaksi. Oleh karena itu, enzim sering disbut juga bikaalisator. Menurut salah satu tokoh yang berpengaruh dalam ilmu bilogi yaitu williah kuhne, seorang ahli yang banyak melakukan penelitian tentang fermentasi menyatakan bahwa enzim berasal dari kata in dan zyme, yang artinya suatu di dalam ragi.

Kemudian, berdasarkan penlitian selanjutnya diperoleh simpulan bahwa enzim adalah suatu protein yang mempunyai molekul besar yang bobotnya mencapai ribuan. Enzim merupakan pengatur suatu reaksi. Contohnya pembentukan dua molekul glukosa dari maltosa diatur oleh enzim maltase. Selain enzim reaksi kimia di dalam tubuh makhluk hidup juga dapat dipercepat dengan bantuan katalisator nonprotein.

Perbedaan utama enzim dan katalisator nonprotein adalah pada jenis reaksi yang dapat dikatalisis. Enzim bersifat sangat spesifik di mana hanya bekerja pada subrat dan kondisi lingkungan tertentu serta menghasilkan satu jenis produk saja. Dengan sifat spesifiknya ini maka pada satu makhluk hidup akan banyak ditemukan lebih dari satu jenis enzim. Enzim memiliki suatu karakteristik unik yang menyebabkan mereka menjadi dasar dari banyak kegiatan industri berbasis hayati selain sifatmereka sangat spesifik.

Sifat tersebut dalam enzim dapat diekstraksi dari sel tanpa kehilangan sifat biokatalisisnya. Dengan pengetahuan ini, maka manusia mengembangkan miniatur sistem hayati yang dikenandalikan yang dikenal dengan istilah bioreaktor. Bagi makhluk hidup fungsi enzim adalah sebagai alat untuk mempercepat reaksi tanpa ikut bereksi. Memainkan peran penting dalam fungsi kehidupan. Hal ini dikarenakan enzim memungkinkan percepatan reaksi biokimia terjadi pada pH netral dan temperatur tubuh normal.

Secara kimia enzim tersusun menjadi dua komponen. Yaitu komponen apoenzim dan gugus prostetik. Apoenzim yang tersusun oleh senyawa protein mempunyai sifat tidak tahan panas inilah yang menyebabkan kerja enzim sangat dipengaruhi oleh suhu. Gugus prostetik merupakan gugus yang aktif, beberapa berasa dari besi, tembaga, dan seng, sementara beberapa lagi berasal dari senyawa organik kompleks, atau vitamin B. Seperti yang telha kita ketahui bahwa enzim sangat penting bagi tubuh.

0 Response to "Enzim Adalah"

Posting Komentar