Karbohidrat Dan Protein Adalah


Protein di dalam sel tersusun atas asam amino esensial dan asam amino nonesensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh, sedangkan asam amino nonesensial adalah asam amino yang dapat dibentuk sendiri oleh tubuh. Asam amino yang dapat diubah menjadi glukosa dan asam lemak.

Asam amino yang dapat diubah menjadi glukosa disebut asam amino glukogenik. Sedangkan asam amino yang dapat diubah menjadi asam lemak disebut asam amino ketogenik. Dengan pmindahan gugus amino, asam amino dapat diubah menjadi asam karboksilat sehingga dapat masuk ke jalur respirasi, sebaliknya asam karboksilat juga dapat diubah menjadi asam amino.

Asam amino glukogenik diubah menjadi asam amino piruvat kemudian asam piruvat memasuki jalur metabolisme karbohidrat, asam amino katogenik diubah menjadi asetil-KoA, kemudian asetil KoA memasuki jalur metabolism karbohidrat sementara itu asam amino yang bukan glukogenik dan katogenik dideaminasi atau dilakukan pembuangan gugus amino dan langsung ke dalam siklus krebs.

Sedangkan protein merupakan sumber energi sesudah karbohidrat dan lemak. Artinya tubuh akan membongkar protein apabila di dalam tubuh sudah tidak ada lagi karbohidrat dan lemak. Perlu diingat bahwa asam amino dan asam amino esensial tidak berarti lebih penting daripada asam amino nonesesnsial.

Kedua jenis asam amino ini dibutuhkan untuk pertumbuhan (perkembangan) dan pemeliharaan kesehatan. Histidin bersifat nonesensial untuk pria dewasa. Arginin dapat disintesis dalam tubuh tetapi kurang cepat untuk pertumbuhan yang normal.

Lalu pada umumnya asam amino dapat larut dalam pelarut polar namun tidak dapat larut dalam pelarut nonpolar, walaupun kelarutannya tidak sama, sebagian besar asam amino dapat larut dalam larutan alkali sehingga membentuk garam.

Begitulah cara kerja protein dan karbohidrat yang juga terdapat asam amino yang ternyata amat penting bagi tubuh juga kelangsungan hidup, pemilihan asupan makanan mesti diperthatikan, protein, karbohidrat dan lemak adalah ketiga hal yang penting yang dapat memberikan energi bagi makhluk hidup untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

0 Response to "Karbohidrat Dan Protein Adalah"

Posting Komentar