Metabolisme Adalah


Dalam tubuh untuk dapat menjaga kesehatan tentunya mesti memerhatikan pertumbuhan metabolisme. Metabolisme dapat diartikan sebagai seluruh reaksi kimia yang terjadi pada tubuh suatu organisme. Reaksi ini melibatkan interaksi antar molekul di dalam suatu sel yang sangat penting dlaam menunjang proses kehidupan. Karena fungsi penting dari metabolisme itu dinyatakan sebagai salah satu sifat dari makhluk hidup.

Metabolisme selalu dimulai dengan molekul terntentu dan berakhir dalam bentuk produk. Dalam proses perbentukan produk, metabolisme meleewati bebrapa tahapan yang dikenal dengan istilah jalur metabolisme. Pada jalur ini, setiap proses pada setiap tahap dibantu oleh beberapa enzim tertentu. Terdapat dua macam metabolisme yang pertama ialah katabolisme yaitu proses perombakan senayawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang terjadi di dalam sel.

Proes perombakan ini menghasilkan energi. Energi yang dihasilkan dalam katabolisme inilah yang kita gunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berlari, jalan kaki, belajar, bekerja dan sebagainya. Yang kedua adalah anabolisme yang merupakan lintasan metabolisme yang menyusun beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa kimia atau molekul kompleks.

Materi ini sebenranya sudah diajarkan ketika kita sedang menempuh sekolah menengah pertama oleh karena it dengan istilah seperti metabolisme, katabolisme, dan anabolisme sudah tidak asing lagi. Materi ini diajarkan pada mata pelajaran biologi tepatnya diajarkan pada kelas dua belas. Salah satu contoh terjadinya anabolisme adalah proses fotosintesi, salah satu tokoh yang terkenal yang sudah melakukan riset dan penelitian mngenai hal ini adalah melvin calvin yang dilahirkan Minnesota.

Pada salah satu universitas di calivornia ini dia membangun sebuah laboratorium untuk meneliti temuannya, dalam bidang kimiawi fotosintesis ini dia mempelajari fotosintesis melalui penggunaan pelacak hal ini membuat beliau terkenal.

Calvin sendiri menggunakan isotop karbon 1-4 sebagai perunut radioaktif untuk mengungkap reaksi gelap fotosintesis yang sekarang dikneal dengan teori daur Calvin. Jika kita tidak menyukai hal semacam ini mungkin akan terdengar rumit sekali, namun bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi jurusan biologi hal ini merupakan hal dasar yang mesti diketahui.

0 Response to "Metabolisme Adalah"

Posting Komentar